Peruri Tawarkan Kertas 'Anti Pemalsuan Suara' ke KPU

Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) mampu menghasilkan produk kertas dengan keamanan tingkat tinggi. Bahkan kertas yang dihasilkan bisa mencegah dari praktek pemalsuan.

Direktur Utama Peruri Prasetio mengaku telah menawarkan kertas suara pilkada, pilgub hingga Pemilu 2014 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prasetio menjamin kertas produksi Peruri, bisa mencegah praktik kecurangan atau manipulasi kertas pemilih.


“Nanti nggak ada surat suara palsu. Saya sedang dekati KPU. Tinggal kasih tanda security nggak bisa dimanipulasi,” ucap Prasetio di Pabrik Peruri Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/5/2013).


Selain surat suara, dengan kemampuan saat ini, ditambah bergabungnya PT Kertas Padalarang, Peruri siap memproduksi soal Ujian Akhir Nasional (UAN). Peruri menjamin, dokumen negara seperti UAN bisa diproduksi secara tepat waktu dan tidak bermasalah.


“Saya tawarkan diri ke pak Nuh (Menteri Pendidikan), gampang kalau kita produksi. Kertas security yang sederhana,” tegasnya.


(ang/ang)