Ini Sosok Dahlan Iskan di Mata Bos Pelindo II

Jakarta - Banyak orang mengatakan sosok Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan adalah urakan dan banyak tingkah. Namun menurut Direktur Utama PT Pelindo II (persero) RJ Lino Dahlan Iskan adalah sosok yang unik dan tanggap.

"Menarik jika melihat sosok pak Dahlan, selain dia jadi Menteri dari kalangan profesional, ia juga menjadi contoh orang yang bisa memotong alur birokrasi," ungkap Lino saat ditemui di Gedung Arsip Nasional, Jalan Gajah Mada Jakarta Pusat, Selasa (04/06/2013).


Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Dahlan adalah sosok yang ekstrem dan mempunyai konsentrasi yang luar biasa. Namun menurut Lino, sikap yang paling ia sukai adalah Dahlan tanggap saat dihubungi kapanpun.


"Pak Dahlan itu ekstrem lagi. Dia sangat punya konsentrasi yang lebih banyak. Pak Dahlan itu kalau kirim SMS dia langsung jawab," imbuhnya.


Lino juga yang menulis sebuah buku tentang Dahlan Iskan dengan judul 'Antara Pasar dan Politik, BUMN di Bawah Dahlan Iskan' bersama penulis sosial Fachry Ali.


Buku yang ditulis ini membahas kepemimpinan Dahlan Iskan atas BUMN sejak tahun 2011 yang boleh dibilang fenomenal. Dengan sifat 'urakannya', Dahlan dikenal sebagai tokoh yang melakukan reformasi BUMN dengan cara demonstrastif dan dunia politik yang berlangsung dinamis.


"Saya tidak terlalu banyak menulis buku itu ya hanya kombinasi. Tentu pak Fachry yang lebih ahli," cetusnya.


(wij/dru)