SBY Tunjuk 3 Nama Calon Deputi Gubernur BI Pengganti Muliaman Hadad

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menunjuk 3 calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menggantikan posisi Muliaman Hadad yang mengundurkan diri. Muliaman mengundurkan diri karena terpilih menjadi Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun pilihan Presiden SBY sesuai rekomendasi Gubernur BI Agus Martowardojo antara lain, Asisten Gubernur BI Mulya Siregar, Direktur Departemen Pengelolaan Moneter Hendar, dan Direktur Eksekutif Pengelolaan Devisa BI Tresna W Suparyono.


"Nama-nama pengganti Muliaman Hadad yang mengundurkan diri karena terpilih Ketua OJK sudah dikirim Presiden tertanggal 29 Mei 2013. Tapi akan dibacakan di sidang paripurna DPR Selasa pekan depan," kata Wakil Ketua Komisi XI, Harry Azhar Azis dalam pesan singkatnya kepada detikFinance, Rabu (5/6/2013).


"Dan akan di fit and proper test Komisi XI setelah agenda RAPBN-P 2013 dan pokok-pokok Kebijakan Fiskal APBN 2014 serta proses pemilihan Anggota BPK dan BSBI selesai, di perkirakan awal Juli 2013 nanti," imbuh Politisi Golkar ini.


Seperti diketahui, Muliaman Hadad akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Muliaman menggeser calon yang digadang menjadi ketua yaitu mantan Deputi Gubernur BI Achjar Iljas.


Muliaman yang lahir Bekasi, 3 April 1960 itu meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia, Jakarta dan gelar PhD dalam bidang Business and Economics, dari Monash University, Melbourne, Australia.


(dru/dnl)