Temui Jero, Menteri Perdagangan Prancis Tanya Nasib Total di Ladang Gas Mahakam

Jakarta - Hari ini Menteri ESDM Jero Wacik kedatangan Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis Nicole Bricq di kantornya. Selain bahas investasi, Nicole juga mempertanyakan nasib perusahaan migas asal Prancis yaitu Totap E&P Indonesie di ladang gas Mahakam.

Seperti diketahui, kontrak pengelolaan Total di Blok Mahakam, Kalimantan Timur ini akan habis 2017. Saat ini belum ada kepastian apakah kontrak tersebut diputus atau diperpanjang.


"Mereka (Nicole Bricq) menanyakan Total, katanya ada masalah. Total kata Menteri Perdagangan Prancis banyak sekali sudah investasi, jadi mereka menanyakan total ini ada 1-2 masalah," ujar Menteri ESDM Jero Wacik usai menerima kunjungan Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (5/6/2013).


Jero mengakui, saat ini Total sedang ada masalah, namun masalah tersebut tidak terlalu besar. "Saya bilang Total memang sudah banyak investasi di Indonesia, cuma ada 1-2 masalah, yang lain nggak masalah, Mahakam (kontraknya) memang mau habis, itu tidak masalah besar, karena kita masih dalam pendewasaan demokrasi jadi terlihat gawat tapi sebenarnya tidak masalah," ungkap Jero.


Seperti diketahui, kontrak pengelolaan Blok Mahakam yang kaya akan gas bumi di Kalimantan Timur akan habis pada 2017. Pemerintah sampai saat ini belum memberikan keputusan apakah status Blok tersebut kontraknya akan diperpanjang kembali atau diserahkan seluruhnya ke Pertamina.


Beberapa waktu lalu Jero mengungkapkan terkait status kontrak Total E&P Indonesie di Mahakam.


"Kontraknya kan baru berakhir 2017, ya nanti-nanti saja pas dekat 2017 saja diputuskan kan tidak masalah, biar kan saja pemerintahan yang baru nanti yang memutuskan kan tidak jadi masalah, dari pada saya dikejar-kejar terus," kata Jero.


(rrd/dnl)