Masuk Jajaran Orang Kaya yang Baik Hati di RI, Ini Respon Bos Sido Muncul

Semarang - Pemilik dan CEO Sidomuncul Group, Irwan Hidayat masuk di antara 48 orang paling dermawan dan murah hati serta paling inovatif di kawasan Asia versi Forbes. Menurut Irwan, penobatan itu bukan untuk dirinya pribadi namun perusahaan.

"Saya enggak ngerti, saya cuma menjabat, hehe. Saya ini mewakili perusahaan, kalau mau diomong saya mewakili pemegang saham," kata Irwan usai menyalurkan bantuan di Wisma Kasih Bunda, Jl Sanggung Barat Semarang, Rabu (5/6/2013).


Menurut dia, pemegang saham terbesar di Sidomuncul adalah ibunya sebesar 50% dan sisanya dipegang oleh Irwan dan empat adiknya. "Jadi saya ini hanya menyumbang 10%," tandasnya.


Meski demikian, Irwan menambahkan, karena dirinya sudah masuk menjadi salah satu orang paling dermawan di Asia, sudah sepantasnya dirinya menjadi lebih dermawan lagi.


"Kalau penghargaan pemberani ya terdorong lebih berani. Kalau dermawan ya harus lebih dermawan," pungkas Irwan.


Beberapa waktu lalu Forbes merilis 48 orang yang masuk. kategori 'Pahlawan Filantropis' atau '48 Heroes of Philanthropy' di Asia. Empat warga Indonesia masuk diantaranya, mereka adalah Anne Avantie, M. Jusuf Kalla, Tahir, dan Irwan Hidayat.


Melalui Sidomuncul Irwan setiap tahunnya mengeluarkan US$ 280.000 untuk program mudik gratis pada saat lebaran. Selain itu Sejak 2010, Sidomuncul Group menghabiskan US$ 2,5 juta untuk operasi mata gratis bagi 12.000 orang dengan katarak.


(alg/dru)