Jokowi akan Pamerkan Monorel Made in Madiun dan China di Monas

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Jokowi akan memenuhi janjinya untuk memamerkan prototipe kereta monorel yang akan dibangun di Jakarta. Rencananya monorel buatan BUMN PT INKA, Madiun dan monorel buatan perusahaan asal China, CNR Changchun Railway Vehicle Co. Ltd. akan dipamerkan di Lapangan Monas.

"Minggu depan katanya. Mau dipasang dari INKA minggu depan, dari China minggu depan," kata Jokowi usai menerima delegasi Prancis di Balaikota, Jakarta, Selasa (4/6/2013)


Jokowi beralasan, menampilkan contoh monorel ini sangat penting sebagai bagian dari sosialisasi ke masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Tujuannya ketika proyek monorel rampung, masyarakat tak gagap lagi dengan sistem operasional monorel di Jakarta.


"Iya biar lihat semuanya. Biar nyoba buka pintu gimana, tutup pintu gimana. Duduk di monorel kayak apa. Harus dicoba, biar nggak keleru," kata Jokowi sambil tertawa.


Menurut Mantan Walikota Solo ini, secara prinsip persiapan proyek monorel Jakarta oleh PT Jakarta Monorail tak ada masalah termasuk soal kelengkapan dokumen. Saat ini, Pemda DKI hanya tinggal menunggu dokumen dari PT Jakarta Monorail untuk segera disahkan.


"Boleh dikatakan ini sudah selesai. Tapi belum sampai di meja saya. Hanya menunggu sampai di meja saya. Kalau sudah sampai meja saya udah bisa langsung ngecor," katanya.


(hen/hen)