Bos Medco Curhat Minyaknya Juga Jadi Korban Pencurian di Sumsel

Jakarta - Minyak mentah milik Pertamina banyak dicuri di daerah Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Selain minyak Pertamina, minyak milik Medco Energi juga jadi sasaran pencurian.

Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk Lukman Mahfoedz mengatakan, banyak kendala produksi minyak mentah saat ini, karena banyak sekali pencurian minyak salah satunya di Sumatera Selatan.


"Hambatan produksi minyak saat ini paling terasa adalah pencurian minyak, salah satunya di Sumatera," kata Lukman dihubungi wartawan, Rabu (21/8/2013).


Tidak hanya minyak milik Pertamina saja yang banyak dicuri khususnya di pipa Tempino-Plaju, tetapi saat ini sudah menyebar ke pipa minyak milik Medco Energi.


"Sekarang juga sudah merambah ke pipa minyak milik Medco, ada di Blok South Sumatera, ada di Limau, di sana jalur pipanya juga panjang, awalnya hanya beberapa kejadian, namun dalam beberapa hari terakhir ini jumlah yang dicuri makin meningkat," ungkap Lukman.


Lukman tidak mengetahui apakah meningkatnya pencurian minyak Medco ini karena pencurinya berpindah dari yang biasa menjarah minyak Pertamina.


"Saya tidak tahu, apa mungkin karena di Tempino-Plaju saat ini penjagaanya diperketat jadi pencurinya cari pipa yang lain, tapi jika terus dibiarkan ini sangat merugikan tidak hanya Medco saja tapi juga negara," tandasnya.


(rrd/dnl)