Tiap Kecamatan 'Diguyur' Rp 3 Miliar Tahun Depan

Jakarta - Tahun depan, pemerintah akan menggelontorkan dana tunai Rp 3 miliar untuk tiap kecamatan di seluruh Indonesia. Secara total, anggaran bernama Bantuan Langsung Masyarakat ini akan mencapai Rp 14,4 triliun.

Demikianlah yang tertulis pada nota keuangan dan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) tahun 2014 yang dikutip, Rabu (21/8/2013).


Menurut data tersebut, anggaran ini termasuk dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Target dari pemerintah adalah untuk menanggulangi kemiskinan berbasis pemberdayaan seluruh elemen masyarakat yang telah dilaksanakan dari tahun-tahun sebelumnya.


Program yang digagas oleh Kementerian PPN/Bappenas tersebut mencakup seluruh kecamatan di Indonesia. Secara teknis, pemerintah menyiapkan pendampingan masyarakat untuk melaksanakan program oleh fasilitator terpilih.


Beberapa penyempurnaan atas program itu juga dilakukan. Pertama PNPM perkotaan yang mencakup pemberdayaan di 11.066 kelurahan. Kedua, PNPM perdesaan yang mencakup pemberdayaan di 4.260 kecamatan.


Ketiga, program pembangunan infrastruktur perdesaan (PPIP) untuk 1000 kelurahan dan keempat, pengembangan infrastruktur ekonomi wilayah (PISEW) di 237 kecamatan.


(mkl/dnl)