Iwan Sunito, Sang Bos Properti Australia Siap Rogoh Rp 100 T Berbisnis di Indonesia

Jakarta - Pengusaha properti sukses di Australia berdarah Indonesia, Iwan Sunito siap merogoh Rp 100 triliun untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia khususnya Jakarta. Rencana investasi triliunan rupiah tersebut akan digelontorkan bertahap beberapa tahun ke depan.

"Kita akan investasi Rp 100 triliun di sini tapi itu bukan untuk setahun dua tahun tapi untuk beberapa tahun ke depan. Nanti akan ada 4 proyek yang lagi kita lihatin, apartemen high rise building, jadi satu-satu. Yang pertama sebelum akhir tahun ini akan mulai proyeknya," kata Founder & CEO Crown International Holding ini saat ditemui di acara Kongres Diaspora II, di JCC Senayan, Selasa (20/8/2013).


Untuk tahap awal, sebelum akhir tahun ini, pengusaha asal Kalimantan ini akan membangun apartemen dengan nilai investasi US$ 50 juta atau sekitar Rp 490 miliar. Apartemen ini rencananya akan dibangun di pusat kota Jakarta dengan luas lahan sebesar 4 hektar.


"Sebelum akhir tahun akan memulai proyek, 4 hektar tahap awal. Kita lagi eksplorasi beberapa tanah di Jakarta yang skalanya sangat besar, ini yang salah satunya punya tanah, mereka melihat brand-nya crown bagus, mereka melihat crown group secara grup desainnya bagus," katanya.


Iwan menjelaskan, hunian ini nantinya akan difokuskan untuk menyasar anak-anak muda yang membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan pusat kota Jakarta.


"Sekarang kan zamannya anak-anak muda nggak mau lagi ya tinggal di landed house yang jauh dari pusat kota. Mereka nggak mau macet-macetan. Mereka mengarah ke tengah kota yang dekat dengan tempat kuliah atau kerja," katanya.


Untuk itu, pihaknya secara group akan mulai mengembangkan bisnis-bisnisnya di Indonesia khsusunya Jakarta untuk bisa melihat peluang pasar yang bagus di Indonesia.


"Mandat crown itu memasarkan proyek crown group di Australia dan join venture dengan pengembang di Jakarta dan akan dijadikan kenyatan bahwa crown group akan dikembangkan di Indonesia," ujarnya.


Saat ini, kata Iwan, pihaknya tengah mengincar beberapa lokal partner untuk sama-sama bisa mengembangkan hunia menarik di tengah kota Jakarta.


"Kita masih tahap negosiasi. Kita ada 4 proyek di sini, land owner salah satunya specialist untuk ritel," ujar Iwan.


(hen/hen)