Chairul Tanjung Sebut Biaya KTT APEC Bali Rp 364,7 Miliar

Nusa Dua - Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 di Nusa Dua, Bali pada 1-8 Oktober 2013. Pemerintah melalui anggaran 4 kementerian dan lembaga telah mengeluarkan Rp 364,7 miliar.

Nilai investasi yang dikeluarkan pemerintah sangat rendah dibanding gelaran APEC tahun lalu di Vladivostok Rusia.


Wakil Ketua Panitia APEC 2013 Chairul Tanjung (CT) mengatakan saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat KTT APEC tahun lalu di Rusia, SBY berpesan agar KTT APEC di Indonesia bisa lebih baik dari Rusia.


"Waktu itu Pak Presiden bilang, bisakah kita membuat KTT APEC lebih baik dari ini, jawabannya harus!" Kata Chairul dalam acara konferensi pers APEC di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (3/10/2013).


Ia mencoba mencari tahu berapa anggaran biaya yang dikeluarkan pemerintah Rusia untuk menggelar APEC tahun lalu. CT menyebut Rusia menghabiskan puluhan miliar dolar AS untuk menyelenggarakan KTT APEC 2012.


"Dari APBN pemerintah Rusia karena dia bangun bandara baru, jalan tol baru," kata CT.


Sedangkan Indonesia, mulai dari bulan Januari 2013 hingga saat ini baru menghabiskan Rp 364,7 miliar. Dana tersebut berasal dari patungan 4 kementerian dan lembaga terkait, yaitu Sekretariat Negara yang bertanggung jawab atas keamanan, akomodasi hotel para kepala negara.Next