Adidas Bakal Untung Rp 14 Triliun Berkat Piala Dunia

Frankfurt -Adidas memprediksi Piala Dunia yang digelar tahun ini bakal membuat labanya melambung tinggi. Diperkirakan produsen pakaian olahraga asal Jerman ini bisa meraup untung sekitar 830-930 juta euro (Rp 13-14 triliun).

"Dari sisi operasional, tidak diragukan lagi 2014 akan jadi tahun yang sukses bagi kami," kata CEO Adidas Herbert Hainer seperti dikutip AFP, Kamis (6/3/2014).


"Didorong dengan peran dominan kami di Piala Dunia FIFA 2014, kami akan mendapatkan pertumbuhan kinerja single digit tapi cukup tinggi," ujarnya.


Namun ia juga memprediksi adanya beberapa tekanan dalam bisnis Adidas tahun ini, yaitu melemahnya nilai tukar euro gara-gara konflik antara Ukraina dan Rusia.


"Gejolak nilai tukar sudah memberi imbas negatif terhadap laporan keuangan kami yang disajikan dalam mata uang euro, dan ini akan kembali terjadi di 2014," tambahnya.


Selain itu, kata Hainer, kontribusi Rusia juga cukup besar terhadap pendapatan perusahaan yang terkenal dengan merek tiga strip itu. Tahun ini diperkirakan Rusia akan memberi kontribusi sebesar 1 miliar euro kepada pendapatan Adidas.


Akhir tahun lalu Adidas sudah meraup laba 787 juta euro, melonjak 49% dibandingkan laba tahun 2012. Omzetnya malah turun tipis 2,6% menjadi hanya 14,49 miliar euro gara-gara selisih nilai tukar.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!