Wamendag: Ekonomi Dunia di 2014 Menguat

Jakarta -Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengungkapkan laju pertumbuhan ekonomi dunia di 2014 jauh lebih baik daripada 2013. Pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan akan meningkat pesat di tahun 2014.

"Kalau menurut saya, bahwa tahun 2013 itu pertumbuhan perdagangan dunia 2,3% hingga 2,5% itu trade of global growth. Di 2014 trade of global growth mencapai 4% sampai 4,5%. Jadi dua kali lipat pertumbuhannya. Ekonomi dunia 2014 itu menguat," ungkap Bayu saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta, Jumat (7/03/2014).


Pertumbuhan perdagangan dunia yang menguat di tahun 2014 menjadi sinyal positif bagi laju ekspor Indonesia. Diperkirakan nilai perdagangan Indonesia jauh lebih besar ketimbang tahun 2013.


Meskipun pemerintah tetap mencermati adanya defisit neraca perdagangan akibat masih besarnya impor produk bahan bakar minyak (BBM) dan bahan baku industri.


"Dengan itu saja kita bangun optimisme adalah tahun 2013 volume perdagangan Indonesia by volume tumbuh 20%, sedangkan by value tidak sebesar itu karena beberapa nilai komoditi turun dan ekspor kita tidak besar. Tetapi ekspor non migas tetap tumbuh dan beban defisit datang dari migas. Sekarang kita tinggal naikkan nilainya saja," imbuhnya.


Pemerintah sudah mengambil banyak cara untuk meredam importasi produk BBM dan bahan baku industri seperti tekstil. Seperti program penyerapan penggunaan biofuel yang akan dicampur kepada solar serta penciptaan subtitusi bahan baku industri di dalam negeri.


"Optimisme lain adalah langkah Kementerian Perindustrian dengan mencoba pengembangan subsitusi impor (bahan baku industri). Lalu Kementerian ESDM menerapkan biofuel. Langkah ini kalau dilihat kita punya optimisme perbaikan neraca perdagangan. Targetnya (untuk penghematan impor produk BBM) yaitu US$ 3,21 miliar. Yang paling berat adalah lifting dan konsumsi BBM dalam negeri yang terus meningkat," jelasnya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!