Tol Kebon Jeruk-Ulujami Selesai, Warga Pondok Indah Lebih Dekat ke Bandara

Jakarta -Jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR I) W2 Utara dari Kebon Jeruk (Jakarta Barat)-Ulujami (Jakarta Selatan) 7,67 Km ditargetkan total beroperasi pada Agustus 2014. Beroprasinya tol ini akan menghubungkan wilayah selatan Jakarta dengan barat Jakarta hingga ke Bandara Soekarno-Hatta.

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Tbk David Wijayatno mengatakan tol tersebut akan sangat membantu banyak mengurangi kepadatan lalu lintas di Jakarta. Terutama untuk tol dalam kota menuju bandara yang selalu padat kendaraan.


Misalnya warga Pondok Indah di selatan Jakarta tak perlu masuk tol dalam kota ketika ingin ke Bandara Soekarno-Hatta atau ke Tangerang, dengan masuk JORR I (Pondok Indah) lalu ke Ulujami-Kebon Jeruk-ambil kiri ke arah Cengkareng-Bandara Soekarno-Hatta.


"Volume kendaraan tol dalam kota ini bisa sedikit berkurang karena kendaraan yang jarak jauh, Jakarta Cikampek ke arah Tangerang itu bisa lewat tol ini. Dari Jagorawi ke arah bandara bisa lewat JORR, jadi tidak numpuk di tol," kata David saat dihubungi detikFinance, Kamis (6/3/2014).


Dikatakan David, tol-tol ini akan terintegrasi dengan tol yang telah beroperasi saat ini. Terutama dengan jaringan tol lingkar luar (JORR) yang akan membuat Jakarta dikelilingi jalan tol jika Kebon Jeruk-Ulujami itu bisa rampung.


"Dia bisa terhubung dengan W1 (Cengkareng) dari Kebon Jeruk ke Bandara atau Kamal itu, kemudian terhubung dengan Jakarta-Tangerang, dengan JORR, lalu terhubung dengan Ulujami sampai BSD itu terhubung, lalu yang Jagorawi ke Bandara itu terhubung juga," kata David.


Untuk besaran tarif, David mengatakan tarifnya akan diberlakukan terintegrasi dengan jaringan tol JORR yang saat ini telah beroperasi, karena tol ini memiliki konsep terbuka.


"Nanti ngikutin JORR, terintegrasi dengan JORR," tutupnya.


Proyek tol ini terbagi menjadi 4 paket, antaralain Paket I (Kebon Jeruk-Meruya) sepanjang 1,95 km, Paket II (Meruya-Joglo) sepanjang 1,5 Km, Paket III (Joglo-Ciledug) sepanjang 2,35 Km dan paket IV yang membentang dari Ciledug-Ulujami sepanjang 2,07 Km.


Panjang keseluruhan 7,67 km, PT Marga Lintas Jakarta adalah anak usaha dari PT Jasa Marga Tbk selaku pemegang konsesi atas ruas tol ini. Total investasi untuk ruas tol ini menelan dana Rp 2,2 triliun.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!