Setelah Jakarta-Surabaya, Jalur Ganda Kereta Dibangun Hingga Banyuwangi

Surabaya -Jalur ganda kereta api (double track) Surabaya-Banyuwangi sedang disiapkan oleh pemerintah pusat. Jalur ini akan menyambung dengan double track Jakarta-Surabaya yang akan segera tuntas.

"Ya ini (pembangunan double track) pararel dengan JLS (jalur lintas selatan)," kata Soekarwo kepada wartawan di sela acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Jawa Timur di Grand City, Surabaya, Kamis (6/3/2014).


Dari usulan pembangunan double track dan JLS, gubernur menegaskan akan lebih mendahulukan pembanguna jalur ganda kereta api.


"Yang sangat dibutuhkan narik kontainer lewat kereta api itu lebih murah ongkosnya dari pada kontainer pakai truk," tuturnya.


Gubernur yang biasa disapa Pakde Karwo ini menerangkan, usulan tersebut sudah dimatangkan dan sudah direncanakan pembangunannya antara 2016 sampai 2017.


"Menteri Perhubungan sudah setuju proses pembangunannya. Kita sudah membuat perencanaan antara 2016 sampai 2017 tentang double track," tuturnya.


Ketika ditanya lebih lanjut mengenai target pengoperasian double track Surabaya-Banyuwangi, Soekarwo mengatakan diperkirakan selesai pada 2017. "Totalnya Tahun 2017 sudah selesai," tandasnya. Next


(roi/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!