Sofjan Wanandi: Pelayanan Bandara di Indonesia Masih Jelek

Jakarta -Selain infrastruktur yang masih minim, pelayanan bandara di Indonesia juga belum maksimal. Pengusaha menilai, rata-rata bandara di Indonesia tidak memberikan pelayanan yang memuaskan bagi penumpangnya.

"Service (pelayanan) kita itu jelek ya. Runway (landasan) numpuk pesawat, imigrasi juga sama. Kemudian parkir dan para penumpangnya juga nggak ada rasa disiplin," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi kepada detikFinance, Sabtu (8/03/2014).


Hal itu yang menyebabkan daya saing kualitas bandara di Indonesia jauh lebih rendah, bila dibandingkan dengan bandara di negara lain. Sofjan mencontohkan, di negara tetangga seperti Singapura, kondisi pelayanan bandara jauh lebih baik.


"Kalau saya lihat, di Singapura orang yang datang ke bandara itu jutaan penumpang tetapi pelayanannya cukup memuaskan. Kalau begitu kan bandara untung orang seneng. Service mereka nomor satu dan masyarakat Singapura bangga dengan bandaranya," imbuhnya.


Untuk itu, ia meminta kepada pihak operator bandara agar segera membenahi sektor pelayanan di dalam bandara. Cara itu dilakukan selain memberikan rasa nyaman bagi para penumpang juga dapat meningkatkan daya saing bandara Indonesia dengan negara lain.


"Harus segera dibenahi, koordinasi harus betul dilakukan. Kita punya Angkasa Pura ini nggak jelas juga sekarang," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!