Saingi Malaysia, RI Punya Jembatan Merah Putih dan Suramadu

Jakarta -Malaysia punya jembatan terpanjang se-ASEAN yang baru diresmikan. Indonesia pun tak kalah dengan negeri Jiran tersebut. Banyak proyek jembatan megah yang tengah dibangun di Indonesia.

"Saya pikir sudah ada (jembatan) Merah Putih (Ambon), Suramadu, dalam waktu dekat juga Papua punya saya pikir kita punya kerinduan punya jembatan seperti itu," kata Sekretaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia Andi Rukman N Karumpa ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (4/3/2014).


Menurutnya, Indonesia dari segi sumber daya manusia sangatlah bisa membuat proyek-proyek besar yang dapat membuka mata internasional. Persoalannya adalah dari ketersediaan dana yang menjadi kendala pembangunan.


"Misalnya MP3EI juga, program itu sangat baik. Yang menjadi persoalan adalah dana. Jadi karena anggaran," terangnya.


Indonesia memiliki sumber daya manusia yang potensial untuk membangun proyek megah. Sebagai bukti, tol Bali Mandara yang dibangun di atas laut telah dioperasikan, setelah Suramadu sebelumnya menghubungkan Surabaya-Madura juga sudah dilintasi kendaraan.


"Jauh Indonesia itu lebih bagus, jembatan yang ada sekarang itu jauh lebih berkualitas. Kita harus bangga dengan apa yang ada. Kita harus bangga dengan mereka. Kita juga Perlu peningkatan SDM," tutupnya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!