Asosiasi: Jangan Anggap Perusahaan Asuransi Itu Matre

Jakarta -Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyatakan keberatannya disebut sebagai perusahaan asuransi komersial oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Predikat komersial ini dinilai punya konotasi negatif sehingga berpengaruh terhadap kepesertaan asuransi.

"Komersial itu konotasinya negatif jadi segala sesuatunya dikomersilkan, ini dianggap matre, ini yang kami khawatirkan terbentuknya persepsi negatif terhadap asuransi swasta," kata Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor saat acara Forum Diskusi Masa Depan Industri Asuransi di Era Kehadiran BPJS, di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, Selasa (4/3/2014).


Dia mengungkapkan, pemberian label komersial perlu dihilangkan agar tidak menimbulkan dampak negatif yang pada akhirnya berpengaruh pada posisi perusahaan asuransi swasta di Indonesia. Bahkan, bisa saja menciptakan ketidakpercayaan masyarakat akan industri asuransi.


"Ada asuransi sosial dan ada asuransi komersial. Ini justru terkesan ada bad guys dan ada good guys," terangnya.


Selain itu, predikat komersial juga akan membentuk paradigma jika yang dilakukan perusahaan asuransi semata-mata hanya mencari keuntungan.


"Kalau komersial masyarakat menganggapnya hanya mencari keuntungan saja padahal kan untuk kepentingan masyarakat juga. Kita ini merebut simpati masyarakat. Itu positioning kami, jadi sebut saja asuransi swasta," cetusnya.


(drk/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!