Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Dirancang Layani Pesawat Jumbo A380

Jakarta -Perluasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dirancang mampu melayani berbagai ukuran dan tipe pesawat. Terminal ini bisa melayani pendaratan pesawat berbadan lebar seperti Airbus 380.

Terminal ini akan menyediakan fasilitas garbarata atau jalan penghubung antara pesawat dan penumpang di ruang tunggu. "3 gate dirancang untuk Airbus 380," kata Manajer Komersial Proyek Terminal 3, Tumbur di lokasi proyek terminal 3, Tangerang, Kamis (6/3/2014).


Rencananya setiap gate menyediakan 3 garbarata untuk melayani 1 pesawat A380. Pihak kontraktor menyediakan sebanyak 24 gate dengan 40 fasilitas garbarata. Gate dan garbarata ini, di luar fasilitas terminal 3 lama.


Terminal 3 Bandara Soetta akan dioperasikan secara penuh pada akhir 2015. Saat beroperasi penuh, maskapai dunia bisa take off dan landing menggunakan armada A380.


"Sekarang Garuda masuk skyteam. KLM pakai Airbus 380 bisa ke Soetta. Daya dukung apron (parkir) juga bisa mendukung," jelasnya.


Selain itu, untuk mendukung daya dukung terminal 3. Kontraktor sedang membangun 2 buah gedung parkir raksasa. Dua buah Gedung parkir ini mampu menampung hingga 4.000 kendaraan.


"Parkir bisa tampung 4.000 kendaraaan. Luas parkir 88.000 m2 dengan 2 gedung. Di gedung parkir juga ada area komersial," katanya.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!