Temui Ganjar Pranowo, Bos PGN Siap Bangun Pipa Gas di Jateng

Jakarta -Hari ini Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Hendi Prio Santoso menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam pertemuannya, Hendi menyampaian kesiapan PGN membangun infrastruktur gas bumi di Jateng.

Pertemuan ini dilakukan di kantor Gubernur Jawa Tengah. Selama ini, emiten berkode PGAS itu pernah membangun dan mengoperasikan jaringan pipa distribusi gas bumi di wilayah Semarang, namun sudah tidak beroperasi.


Program pembangunan jaringan distribusi gas di Semarang merupakan revitalisasi jaringan lama yang telah dioperasikan PGN sejak tahun 1980-an. PGN akan berinvestasi untuk merevitalisasi jaringan distribusi tersebut dan akan membangun jaringan distribusi gas yang komprehensif di wilayah Semarang dan sekitarnya.


Jaringan distribusi gas yang akan dibangun yaitu distribusi Jateng Tahap 1 (Semarang, Kendal, Demak) sepanjang 48 kilometer dengan diameter 16 inci. Tahap kedua meliputi wilayah Ungaran dengan panjang 34 kilometer dengan diameter 16 inci. Adapun tahap ketiga di Solo Raya, Pati, dan Pekalongan sepanjang 235 kilometer.


"Berkembangnya industri di Jawa Tengah akhir-akhir ini, baik industri baru maupun yang didorong adanya relokasi Industri dari berbagai daerah karena tenaga kerja di Jawa Tengah yang cukup kompetitif, memerlukan pasokan energi dengan harga yang lebih kompetitif," kata Hendi dalam siaran pers, Selasa (4/3/2014).


Jawa Tengah memiliki beberapa kawasan industri yang membutuhkan dukungan pengembangan infrastruktur energi, yang tersebar di beberapa wilayah seperti Semarang, Demak, Kendal, Kudus, Pati, Ungaran, Solo Raya. Gas bumi merupakan pilihan energi (bahan bakar maupun bahan baku) yang kompetitif dan ramah lingkungan.


Infrastruktur gas di Jawa Tengah, kata Hendi, sangat mendesak untuk dibangun. Data dari Dinas Pertambangan dan Energi Jawa Tengah menyebutkan bahwa ada potensi penghematan konsumsi energi sektor industri mencapai Rp 900 miliar per tahun di Jawa Tengah.Next


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!