Main Lego Cara Murah: Mencicil Saja

Jakarta -Harga satu set Lego mungkin cukup menguras kantong. Namun bagi mereka yang sabar, bisa membentuk satu set yang sama dengan biaya lebih murah. Caranya adalah berburu piece by piece, alias ketengan.

Salah seorang pelakunya adalah Stephanus Suryawan. Pria berusia 32 tahun ini merupakan salah satu penggemar Lego dan anggota Klub Lego Indonesia (KLI).


Stephanus sudah banyak menghasilkan karya dari Lego. Namun ada satu yang paling dibanggakannya yaitu bentuk Menara Eiffel. “Tingginya 108 cm. Saya mengumpulkan parts-nya secara nyicil dan butuh waktu 1,5 tahun,” katanya.


Ya, Stephanus memang tidak membeli set Lego utuh tetapi membeli bagian-bagian yang diperlukannya secara eceran alias ngeteng. Dengan cara ini, dia bisa membuat satu set Lego dengan biaya lebih murah.


“Untuk membuat Eiffel Tower, modal saya Rp 3,5 juta. Sekarang harganya ditaksir Rp 12 juta. Sudah ada yang menawar Rp 8 juta, tetapi tidak saya lepas,” tukas Stephanus.


Stephanus mencontohkan set Lego Star Wars seri Millenium Falcon keluaran 2007. Set tersebut sudah langka dan harganya bisa mencapai Rp 45 juta. Namun jika menyusun secara ketengan, harganya bisa jauh lebih rendah.


“Kalau ketengan, harga parts-nya ada yang mungkin Rp 100 sampai puluhan ribu rupiah. Namun totalnya tidak sampai Rp 45 juta, seharusnya tidak. Mungkin sekitar Rp 10 juta, bisa juga di bawah itu,” paparnya.Next


(hds/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!