Qatar Pamerkan Proyek Pelabuhan Rp 74 Triliun

Jakarta -Punya proyek pelabuhan baru, pemerintah Qatar mengundang 53 Kepala Perwakilan Asing di Doha untuk meninjau proyek tersebut. Pelabuhan seluas 26,5 km persegi ini bernilai US$ 7,4 miliar atau sekitar Rp 74 triliun.

Dari siaran pers Kedutaan Besar RI untuk Qatar, Selasa (4/3/2014), proyek Pelabuhan Baru Negara Qatar ini terletak di Kota Messaeid, 24 km Selatan Doha. Proyek Pelabuhan Baru tersebut yang masih belum diberi nama dan hanya disebut dengan nama New Port Project (NPP) merupakan salah satu dari beberapa Mega Project Pembangunan di Qatar di dalam rangka mengisi Perwujudan Visi dan Misi 2030-nya.


Pelabuhan besar ini akan terdiri dari 3 entitas, yaitu sebagai Pelabuhan Niaga Qatar, Pelabuhan Angkatan Laut Qatar (Emiri Naval Force), dan Qatar Economic Zone. Lahan pelabuhan ini sebagian besar merupakan hasil reklamasi, saat ini proyek tersebut pembangunannya telah mencapai 35%.


Sebuah Control Tower setinggi 110 meter akan menjadi ikon Pelabuhan tersebut. Fase pertama pelabuhan baru itu akan dapat menangani sekitar 2 juta kontainer setiap tahunnya, dan kalau semua fasilitasnya sudah selesai diharapkan dapat menangani hingga 6 juta Kontainer tiap tahun.


Sejauh ini pembangunan Pelabuhan Niaga dan Pelabuhan Angkatan Laut (Emiri Naval Force) pembangunannya telah selesai 17% serta 8% untuk Qatar Economic Zone 3 (Three).


Ada 5 kontraktor yang sedang menangani fase pertama penyelesaian pelabuhan dengan memperkerjakan sekitar 5.800 orang dengan menggunakan 1. 400 buah alat beserta perlengkapannya.


Luas pelabuhan fase pertama sekitar 3,8 km panjangnya dan lebarnya 700 meter, serta memiliki kedalaman 17 meter. Secara total sekitar 63 juta meter kubik benda padat digali untuk pembangunan proyek tersebut. Terminal multi fungsi tersebut juga nantinya mempunyai kapasitas sekitar 750 ribu hewan potong, 500 mobil, dan 1 juta ton terigu.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!