Berharta Rp 760 Triliun, Bill Gates Masih Jadi Orang Terkaya Dunia

Washington -Posisi orang terkaya di dunia masih diperebutkan oleh dua orang ini sejak lama, Bill Gate dan Carlos Slim. Berkat lonjakan harga saham Microsoft, Gates si taipan teknologi itu berhasil mempertahankan posisi sebagai orang terkaya di dunia.

Seperti dikutip AFP dari Kekayaan Gates tercatat di majalah Forbes sebesar US$ 76 miliar (Rp 760 triliun), mengalahkan konglomerat asal Meksiko, Carlos Slim, yang punya kekayaan US$ 72 triliun (Rp 720 triliun).


Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya dunia yang isinya ada 1.645 orang dengan rata-rata kekayaan US$ 4,5 miliar. Total harta para miliuner ini tercatat sebanyak US$ 6,4 triliun, naik US$ 1 triliun dari jumlah total harta tahun lalu.


Bill Gates sudah menjadi orang terkaya di dunia selama 15 kali dalam 20 tahun terakhir. Padahal selama ini selalu menyumbangkan hartanya untuk kepentingan kemanusiaan, seperti kesehatan dan pemberantasan kelaparan.


Gates memiliki 4,4% saham Microsoft yang menyumbang 20% kepada total kekayaanya. Harga saham Microsoft sudah naik hingga 25% dalam setahun ke belakang.


Sementara Slim yang berada di posisi kedua, mendapatkan hartanya melalui industri telekomunikasi (America Movil), pertambangan, keuangan, ritel, dan properti di benua Amerika.


Posisi ketiga masih dipegang oleh pemilik Zara Amancio Ortega dengan kekayaan US$ 64 miliar, juragan investasi AS Warren Buffett (US$ 58,2 miliar; dan pendiri grup Oracle Larry Ellison (US$ 48 miliar)


Total harta 10 besar orang terkaya di dunia mencapai US$ 507 miliar. Jumlahnya sepuluh kali lebih besar dibandingkan total ekonomi Norwegia, Belgia, maupun Polandia.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!