Ingin Kemandirian Ekonomi, Ini yang Bakal Dilakukan Jokowi-JK

Jakarta -Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla telah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum. Salah satu dokumen yang mereka serahkan adalah visi dan misi jika terpilih memimpin Indonesia selama 5 tahun ke depan.

Dalam dokumen yang diperoleh dari KPU, Selasa (20/5/2014), visi misi Jokowi-JK diberi judul 'Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian' yang tertuang dalam 42 halaman.


Kemandirian ekonomi menjadi salah satu kampanye utama dari duet ini. Untuk itu, Jokowi-JK berjanji akan menggerakkan sektor-sektor strategis untuk mendukung perekonomian nasional.


Di bidang pertanian, kemandirian bisa terwujud melalui beberapa program. Pertama adalah perbaikan irigasi rudak dan pembangunan jaringan irigasi di 3 juta hektar sawah.


Kedua adalah mencetak 1 juta hektar lahan sawah baru di luar Jawa. Ketiga adalah pendirian Bank Petani dan UMKM.


Keempat adalah membangun gudang dengan fasilitas pasca panen di setiap sentra produksi. Kelima, pemulihan kualitas kesuburan lahan.


Sementara untuk kemandirian energi, Jokwi-JK punya sejumlah program. Pertama adalah pengurangan impor minyak dengan meningkatkan eksplorasi dan eksploitasi dalam negeri.Next


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!