Sopiri Bos Telkom dan Jasa Marga, Dahlan Iskan Ngebut Saat Bayar Tol

Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan menjadi sopir dadakan bagi Dirut PT Telkom Tbk Arief Yahya dan Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman. Menggunakan Toyota Land Cruiser milik Arief di Pintu Tol Kalimalang II, Jakarta Timur, Dahlan ngebut hingga 62 km per jam jelang pintu tol.

Acara ini bagian dari uji coba sistem e-toll pass baru yang dikembangkan oleh Telkom dan Jasa Marga. Dahlan terlihat sangat bersemangat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, untuk membuktikan kecanggihan alat E-Toll Pas terbaru.


Dahlan mengaku sempat memacu kendaraanya hingga 42 km jam jelang pintu tol Kalimalang II yang sudah terpasang sistem e-toll baru. Hasilnya sangat memuaskan, pintu tol langsung terbuka secara otomatis ketika kendaraan masih berjarak 10 meter dari pintu tol. Sistem baru ini, si pengendara tak lagi harus membuka kaca mobil sebelah kanan untuk menempel kartu.


"Ini udah kayak negara maju, tanpa buka kaca samping. Ini kecepatan 42 km per jam, terima kasih nih Telkom dan Jasa Marga," kata Dahlan disambut riuh tepuk tangan para tamu undangan di kawasan Pintu Tol Kalimalang II, Jumat (3/10/2014)


Tak puas mencoba sekali, Dahlan langsung putar balik untuk mencoba yang kedua kalinya. Namun kali ini, Dahlan memacu kendaraan yang sama dengan kecepatan lebih tinggi hingga 62 km per jam jelang pintu tol. Hasilnya, sangat memuaskan pintu tol kembali terbuka secara otomatis.


"Ini agak lebih cepat semua minggir," kata Dahlan sebelum menginjak gas Land Cruiser.


Uji coba sistem E-Toll Pass baru bernama On Board Unit (OBU) Single Piece ini rencananya menggantikan produk OBU yang sebelumnya dinilai gagal. Produk E-Toll Pass generasi terbaru ini merupakan produk sinergi BUMN, antara PT Telkom Tbk dan PT Jasa Marga Tbk.


Pada sistem OBU lama, kendaraan harus melambatkan lajunya hingga 20 km/jam agar OBU yang terpasang di kendaraan bisa terbaca sensor di pintu tol. Tapi dengan teknologi baru ini, kendaraan tidak perlu melambatkan lajunya, bahkan lama waktu transaksi bisa di bawah 1 detik. Sistem OBU Single Piece ini bisa dipakai untuk beberapa bank (single propose multibanking) sedangkan OBU yang lama hanya bergantung pada satu bank (single banking).




Pintu tol terbuka secara otomatis tanpa buka kaca mobil




(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!