4,48 Juta Orang Mudik Naik Kereta di Lebaran Tahun Ini, Naik 3%

Jakarta -Angkutan kereta masih menjadi salah satu moda transportasi favorit pada musim mudik tahun ini. Diperkirakan 4,48 juta penumpang akan memakai moda kereta di Jawa dan Sumatera.

Angka tersebut melonjak 3% dibandingkan musim mudik 2013 yang sebanyak 4,35 juta orang menggunakan kereta untuk mudik.


"Perkiraan pumumpang 4,48 juta, naik 3%. Itu untuk kereta utama dan lokal," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwi Atmoko saat Press Background di Hotel Milenium, Jakarta, Selasa (10/6/2014).


Puncak mudik akan terjadi pada 27 Juli 2014. Diperkirakan pemudik memakai transportasi kereta sebanyak 220.027 penumpang. Sedangkan arus balik, terjadi pada 4 Agustus 2014 dengan total pemudik 227.900 penumpang.


Pada kesempatan itu, Hermanto menyebut, Kemenhub juga memfasilitas angkutan kereta untuk membawa sepeda motor milik pemudik. Fasilitas ini disediakan untuk angkutan mudik di pulau Jawa.


"Kereta motor, ada jalur utara dan selatan. Utara diangkut sampai Semarang, kalau Selatan sampai Solo. Kapasitasnya 6.000 motor. Syaratnya pemilik harus ikut kereta," jelasnya.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!