Besok Bank Mutiara Bisa Punya Pemilik Baru

Jakarta -PT Bank Mutiara Tbk (dulu Bank Century) sudah sejak lama ditawarkan kepada investor. Tak lama lagi bank yang dulu pernah mendapat dana talangan pemerintah ini bisa punya pemilik baru.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sedang melakukan proses penilaian tahap penawaran awal dalam rentang waktu 5-9 Juni 2014. Hasilnya akan diberitahukan kepada calon investor sekitar tanggal 12 Juni 2014.


“Sebagai bagian dari keterbukaan informasi dan praktek GCG (Good Corporate Governance), LPS akan melakukan due diligence kepada calon investor yang lolos pada tahapan penawaran awal pada data room di Bank Mutiara.” Jelas Sekretaris Lembaga LPS Samsu Adi Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Rabu (10/6/2014).


Sebelumnya, sebanyak 10 investor sudah melayangkan dokumen penawaran untuk membeli saham Bank Mutiara. Hasil penawaran tahap awal hasilnya diberitahukan kepada calon investor sekitar tanggal 12 Juni 2014 besok.


Proposal penawaran awalnya dikirim oleh 18 perusahaan, namun LPS akhirnya hanya meloloskan 10 calon investor saja yang dinilai mampu dan layak membeli Bank Mutiara.


Sepuluh calon investor yang menyampaikan Dokumen Penawaran Awal (Preliminary Bid) terdiri dari enam investor asing dan empat investor lokal.


Sebanyak empat investor berasal dari Indonesia, satu dari Jepang, dua dari Singapura, satu dari Malaysia, satu dari Hong Kong, dan satu lagi dari lain-lain.


Jika dilihat dari jenisnya, para investor tersebut terdiri dari tiga bank, enam lembaga keuangan, dan satu konsorsium.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!