BRI Siap Ambil Alih dan Kembangkan Bank Mutiara

Jakarta -PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) masuk dalam daftar 11 investor yang menyatakan minatnya melalui letter of interest untuk membeli PT Bank Mutiara Tbk (BCIC). Perusahaan pelat merah ini sudah mengajukan penawaran harga untuk mengambil alih eks Bank Century ini.

Corporate Secretary BRI Budi Satria mengungkapkan, pihaknya merasa siap untuk bisa mengambil alih Bank Mutiara dan telah melakukan berbagai pertimbangan atas hal ini.


"BRI sudah melakukan penawaran. Sudah mempertimbangkan berbagai aspek, nanti tinggal kita tunggu. Kita lihat," ujar Budi kepada detikFinance, Rabu (11/6/2014).


Budi menjelaskan, niatnya untuk membeli Bank Mutiara ini sebagai salah satu bentuk aksi korporasi perusahaan untuk mengembangkan bisnis anorganik. Ia mengaku, pembelian Bank Mutiara ini tidak semata-mata untuk mengejar aset, namun lebih untuk bisa mensinergikan kedua bisnis perusahaan.


"Kita kan dari perusahaan hanya mendukung. Ini untuk pertumbuhan bisnis anorganik bukan ngejar aset. Kita melihat kedua bisnis bank nantinya bisa disinergikan, kita lihat cocok," kata Budi.


Dia menambahkan, pihaknya sudah siap untuk mengambil alih Bank Mutiara ini. Namun, keputusan akhir ada di tangan LPS selaku pemegang saham. Yang pasti,

perseroan telah menyiapkan dana sedikitnya Rp 3 triliun untuk mengembangkan bisnis anorganik termasuk akuisisi ini.


"Soal siapa yang dapat, nanti mereka akan menilai sendiri. Untuk bisnis anorganik kita sudah sediakan Rp 3 triliun. Ini bisa seluruhnya untuk akuisisi Bank Mutiara, bisa juga ngga," akunya.


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!