Mojokerto akan Punya Pabrik Bir Baru Senilai Rp 210 Miliar

Jakarta -PT Multi Bintang Indonesia Tbk siap mengoperasikan pabrik barunya di Mojokerto, Jawa Timur pada September 2014. Kegiatan peletakan batu pertama pabrik bir tanpa alkohol ini sudah dilakukan pada awal 2014.

Presiden Komisaris Multi Bintang Cosmas Batubara melaporkan progres pembangunan pabrik keduanya kepada Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat. Perusahaan siap melakukan uji coba produksi pada Juli 2014.


"Pembangunan pabrik Multi Bintang di Mojokerto yang dulu peletakan batu pertamanya oleh Pak Menteri sudah mau selesai. Jadi kita laporkan progresnya berjalan dengan cukup baik," kata Cosmas ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (11/6/2014).


Dikatakan Cosmas, penyelesaian pabrik senilai Rp 210 miliar ini akan rampung. Pada bulan September nanti, diharapkan, pabrik sudah mulai bisa beroperasi.


"Kita harapkan kalau bisa September ini beroperasi, akhir bulan Juni-Juli sudah bisa uji coba produksi," tambahnya.


Dikatakan Cosmas, saat ini pihaknya punya dua pabrik bir yaitu di Tangerang dan Mojokerto. Keduanya memproduksi dua jenis bir yaitu bir murni (maksimal 5% alkohol) dan non alkohol. Nantinya, pabrik di Tangerang, Banten dikhususkan untuk produksi bir non alkohol, sedang di Mojokerto pabrik bir beralkohol.


"Tangerang nanti hanya fokus ke non bir karena pabrik kami tidak terlalu besar," tutupnya.


Rencananya, pabrik baru ini akan memroduksi minuman ringan berkarbonasi dan bebas alkohol jenis GreenSands dan Bintang Zero. Kapasitas produksi pabrik baru mencapai 500 ribu hektoliter per tahun.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!