Ahok dan Menpora Ribut, Proyek MRT Jakarta Terancam Molor

Jakarta -Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta kembali menjadi buah bibir terkait polemik soal rencana pembongkaran Stadiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Terjadi perbedaan sikap antara Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) dengan Menpora Roy Suryo.

Direktur Institut Studi Transportasi (Instran) Darmaningtyas mengatakan jika masalah ini tak punya kejelasan maka berpotensi mengganggu target penyelesaian proyek MRT, yang ditargetkan beroperasi 2018.


"Itu sudah pasti dong mundur, dulu zaman Foke (gubernur Fauzi Bowo), targetnya 2012 terbangun dan selesai 2016, ini bisa molor lagi dari target 2018. Bisa juga sampai 2019-2020 tergantung kelancaran konstruksi," katanya kepada detikFinance, Selasa (10/6/2014)


Menurutnya masalah pembongkaran merupakan persoalan administratif yang seharusnya bisa diselesaikan dengan baik-baik antara Kemenpora dengan Pemda DKI Jakarta.


"Pembongkaran tak masalah asal ada penggantinya, dahulu zamannya Foke sebelum di Taman BMW, sempat ada lokasi di Pesanggrahan, Jakarta Selatan," katanya.


Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengirimkan surat somasi kepada Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok). Pemicunya adalah komentar Ahok soal proyek MRT yang terkendala izin Kemenpora. Soal somasi tersebut, Darmaningtyas mengakui Ahok perlu melakukan evaluasi dalam setiap melakukan pernyataan.


"Ini buat pelajaran buat Ahok, harus hati-hati dalam membuat pernyataan, tujuan baik taai cara juga hal penting," katanya.


Sebelumnya Roy Suryo beralasan soal sikapnya yang belum memberikan rekomendasi pembongkaran Stadion Lebak Bulus, karena trauma dengan Stadion Menteng yang dialihfungsikan jadi taman, lalu soal lokasi pemindahan yang rencana awal masih di sekitar Jakarta Selatan (Pesanggrahan) namun kenyataannya di Taman BMW Jakarta Utara, dan terakhir soal status tanah di Taman BMW yang belum jelas.


Seperti diketahui, pengerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI telah dimulai sejak 16 Oktober 2013. Direncanakan proyek MRT selesai pada semester I-2018.


(hen/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!