Manggis Indonesia Ditolak China, Ini Tanggapan Hatta Rajasa

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa ikut berkomentar soal penolakan China terhadap produk buah manggis asal Indonesia. Manggis asal Indonesia mengandung logam berat dan organisme penyakit tanaman (OPT).

Menurut Hatta, alasan ini harus dibuktikan secara ilmiah oleh China. Indonesia juga bisa menuding buah dan produk asal China tidak layak konsumsi di Indonesia.


"Buktikan kalau ada penyakit dan logam berat. Kita juga bisa mengatakan, eh barang kamu (China) ada logam dan penyakit. Kalau kita menuduh harus kita buktikan," tegas Hatta saat ditemui di Universitas Indonesia Depok, Selasa (28/05/2013).


Hatta meminta Kementerian Perdagangan memberikan alasan secara detil terkait isu yang menyangkut buah lokal Indonesia. Dikatakan Hatta, atas kejadian akan menimbulkan dampak negatif terhadap produk buah lokal Indonesia yang tidak bisa mendunia.


"Inilah tugas dari Kementerian Perdagangan kita, harus kita pertanyakan mengapa ditolak, ada apa? Jadi jangan hal-hal semacam ini menimbulkan dampak kepada perdagangan. Jadi harus dibuktikan," jelasnya.


(wij/hen)