Perusahaan Migas Bakrie Jual Sumur Gas untuk Bayar Utang

Jakarta - Anak usaha PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), PT EMP Energi Indonesia, menjual 10% kepemilikannya di blok Masela PSC (proyek LNG di lapangan Abadi) kepada INPEX Masela Ltd dan Shell Upstream Overseas Services (I) Limited.

Para pihak terkait sudah melakukan penandatanganan perjanjian jual beli terkait aksi korporasi ini. Namun transaksi ini masih menunggu penyelesaian beberapa kondisi terkait.


Seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (28/5/2013), anak usaha Grup Bakrie itu berencana menggunakan dana hasil penjualan aset ini untuk melunasi sebagian fasilitas pinjamannya, sehingga akan menurunkan jumlah beban keuangannya dan juga membiayai keperluan modal kerja dan belanja modal untuk meningkatkan produksinya.


Blok Masela PSC ini terletak di lautan Arafura, dan diperkirakan punya cadangan terbukti dan terukur sebesar 18,47 triliun kaki kubik gas. Cadangan ini telah disertifikasi oleh DeGolyer & MacNaughton Consultant dari Amerika Serikat (AS).


Sayangnya, emiten berkode ENRG itu tidak menyebut berapa besaran dana yang bisa diraih dari penjualan aset ini.


Sekedar catatan, ENRG memproduksi 48.500 barel minyak ekuivalen per hari sepanjang kuartal pertama tahun 2013. Setelah penyelesaian transaksi tersebut, ENRG akan mengoperasikan cadangan terbukti, terukur, dan terkira sekitar 386 juta barel minyak ekuivalen dari 11 blok-blok minyak, gas, dan gas metana batubara dalam portofolionya.


(ang/dnl)