Dengar Tanjung Priok Lumpuh, Hatta Rajasa Langsung Rapat

Jakarta - Mendengar aksi mogok ratusan pengusaha angkutan pelabuhan swasta di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Menko Perekonomian Hatta Rajasa langsung mengadakan rapat di kantornya. Pemogokan kegiatan di Tanjung Priok vital bagi perekonomian.

"Saya baru dapat laporan ada pemogokan di Tanjung Priok. Saya akan langsung pimpin rapat untuk cek itu apa yang sebenarnya terjadi. Makanya saya buru-buru mau ke kantor. Rapatnya hari ini juga saya akan menanyakan keluhan yang saya terima adalah lambatnya di dalam handling, sehingga truk menunggu terlalu lama," papar Hatta usai bertemu Pimpinan DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/6/2013).


Hatta mengatakan, aksi mogok ini harus dicarikan solusi secepatnya. Karena aksi mogok jasa angkutan di pelabuhan ini bakal menggangu arus ekspor-impor di pelabuhan.


"Saya sendiri belum tahu, karena yang laporan ke saya berkaitan dengan itu. Tapi kalau soal monopoli belum tahu. Ini yang saya akan cek dengan Menteri BUMN dan Pelindo II sebenarnya apa yang trjadi. Nanti akan saya panggil Menteri BUMN," tegas Hatta.


Kabarnya, selain di Tanjung Priok, pemogokan juga dilakukan para perusahaan swasta di pelabuhan Teluk Bayur, Banten, Pekanbaru, Palembang, Tanjung Mas, Tanjung Perak, Banjarmasin, Makassar dan Sorong.


(dnl/hen)