Plaza Indonesia dan Jababeka Bangun Pusat Bisnis 16 Hektar di Cikarang

Jakarta - Plaza Indonesia Realty Tbk menggandeng anak usaha PT Jabebeka Tbk yakni PT Grahabuana Cikarang mengembangkan kawasan bisnis terpadu di Kota Jabebeka Cikarang, Jawa Barat.

Presiden Komisaris Grahabuana Cikarang Tanto Kurniawan mengatakan kedua perusahaan ini membentuk usaha patungan untuk pembangunan kawasan terpadu. Nantinya kedua perusahaan ini akan mengembangkan shopping center, convention hall, hotel berbintang, apartemen dan perkantoran seluas 16 hektar di Cikarang.


"Peletakan batu pertama (groundbreaking) akan mulai tahun depan, perkiraan pembangunan membutuhan kurun waktu enam tahun," katanya disela-sela Public Expose di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Senin (3/6/2013).


Sementara itu, Pengelola Plaza Indonesia dan Grand Hyatt, PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) mencatatkan laba bersih Rp 72,2 miliar atau naik 95% dari periode sebelumnya Rp 37 miliar.


"Revenue kuartal I sebesar Rp 340 miliar naik 34% dari Rp 253 miliar, Ebitda Rp 161 miliar naik 40% dari Rp 115 miliar, laba bersih Rp 72,2 miliar dari Rp 37 miliar," kata Direktur Keuangan Plaza Indonesia Realty Tbk, Lucy Suyanto.


Naiknya penjualan dan laba bersih emiten berkode PLIN ini didorong meningkatnya penjualan apartemen pada unit Keraton At The Plaza. Sementara pada tahun 2013 ini, PLIN mengalokasikan anggaran untuk belanja modal (capital expenditure/capex) mencapai Rp 120 miliar yang sebagian besar dialokasikan untuk renovasi Hotel Hyatt.


"Capex Rp 120 miliar sebagian dialokasikan kebutuhan Grand Hyatt lantai 5 renovasi wajah baru," kata Lucy.


(feb/hen)