Anggaran Pemerintah Daerah Habis Hanya untuk Bayar Gaji PNS

Jakarta - Anggaran pemerintah daerah tahun 2013 sebagian besar dihabiskan untuk belanja pegawai. Antara lain pembayaran gaji PNS, tunjangan dan pensiun. Ini pun menjadi bertolak belakang dengan keinginan pemerintah pusat untuk efisiensi dan efektifitas belanja.

"Memang sangat tergantung pada daerahnya. Secara rata-rata kecenderungan belanja pegawai untuk daerah itu cukup tinggi," ungkap Dirjen Perimbangan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2013)


Hal tersebut, menurutnya tentu tidak semua daerah. Akan tetapi secara rata-rata belanja pegawai mencapai 60% dari total anggaran setiap daerah.


"Nggak semua daerah, rata-ratanya itu 48%, tapi ada daerah yang sampai dengan 60%, tapi ada daerah juga yang membelanjakan untuk pegawai hanya 30%. Sangat bervariasi. Rata-ratanya itu tadi," jelasnya.


Kemenkeu sejauh ini menurutnya telah berkoordinasi dan mendorong daerah untuk belanja yang efektif. Namun tetap keputusan soal belanja daerah masih dipegang oleh pemerintah daerah dan DPRD.


"Belanja itu diputuskan Bupati Walikota Gubenur dan DPRD. Tapi itu juga kita , karena keputusannya di daerah jadi sepenuhnya menjadi wewenang daerah untuk menentukan belanjanya," pungkasnya.


(mkl/dru)