Dahlan Iskan: 36 Juta Penduduk Indonesia Masih Sangat Miskin

Samarinda - Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan 36 juta penduduk Indonesia masih sangat miskin. Semua pihak harus bekerja keras untuk untuk terus mengurangi angka 36 juta itu.

"Kita buka saja, 36 juta penduduk Indonesia masih sangat miskin, dulu lebih dari 100 juta," kata Dahlan saat memberikan sambutannya di hadapan peserta syukuran Kemerdekaan RI di Ball Room Hotel Bumi Senyiur, Jl Pangeran Diponegoro, Samarinda, Rabu (21/8/2013).


Selain Dahlan, acara tersebut juga dihadiri oleh unsur muspida provinsi Kalimantan Timur, seluruh tokoh dan elemen masyarakat yang tergabung dalam berbagai forum kerukunan umat beragama.


Dahlan menjelaskan, angka 36 juta masih sangat miskin itu masih lebih baik mengingat adanya penurunan angka dari 100 juta.


"Angka itu lebih baik karena tinggal 36 juta dan sekarang ada 130 juta orang penduduk yang tidak lagi miskin," ujarnya.


Dahlan meminta, berbagai pihak tidak hanya mengingat penduduk sangat miskin 36 juta, melainkan terus berupaya untuk menguranginya dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang.


"Di lain pihak 130 juta tidak lagi miskin, jangan terus yang diingat 36 juta sangat miskin. Pemerintah, kita bersama, akan me-manage dalam kurun waktu 5 tahun mendatang," tambah Dahlan.


"Yang 130 juta itu tidak pernah lagi mikir besok punya beras atau tidak, besok beli baju lebaran atau tidak. Mereka hanya berfikir bagaimana bisa lebih maju lagi, besok mau usaha apa?" jelas Dahlan.


"Semisal disuatu negara ada 130 juta penduduk dan berfikir bagaimana harus maju, pasti negara itu akan maju. Percayalah, Indonesia pasti maju," sebut Dahlan lagi.


Masih menurut Dahlan, saat ini pemerintah tengah merumuskan untuk terus mengurangi angka jumlah penduduk yang sangat miskin, juga untuk terus memajukan penduduk yang tidak lagi miskin.


"Saya sedang merumuskan bagaimana 130 juta yang tidak lagi miskin itu, secara sistematis untuk terus maju," tutupnya.


(dru/dru)