Di Depan Ratusan Ahli Konstruksi, WamenPU Pamer Kantornya Ramah Lingkungan

Jakarta - Saat membuka seminar konstruksi yang dihadiri ratusan ahli konstruksi Indonesia, Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak menyatakan, kantor Kementerian PU menggunakan konsep ramah lingkungan.

"Konsep green building berarti hemat dan efisien menggunakan energi baik air dan tentunya menggunakan bahan bangunan yang low material. Di Indonesia ada salah satunya di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum," ungkap Dardak dalam seminar yang dilakukan di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (20/8/2013).


Kantor Kementerian PU telah menerima penghargaan oleh Green Building Council tahun 2013 sebagai gedung perkantoran yang menggunakan teknologi ramah lingkungan. Kantor tersebut terdiri dari 17 lantai dan dibangun selama 3 tahun.


"Lingkungan menjadi perhatian kami terutama pemanasan global yang disebabkan menipisnya atmosfer. Konsep green building bagi kami sangat prospektif untuk terus dikembangkan dan dikerjakan," imbuhnya.


Kementerian PU sudah berencana membangun sebuah kota percontohan yang menerapkan konsep green building. Namun Dardak belum mau menjelaskan secara detil kapan dan di mana proyek itu selesai.


"Konsep hijau dengan green building-nya akan kita gunakan terutama di perkotaan. Konsep ini merupakan konsep pintar untuk mendesain mulai dari tempat tinggal, fasilitas serta transportasi yang ada di dalamnya. Pemerintah Indonesia segera akan mengembangkan kota hijau itu di Indonesia," jelasnya.


(wij/dnl)