Indonesia Ketergantungan Impor BBM 400.000 Barel/Hari

Jakarta - Sampai saat ini ketergantungan Indonesia terhadap BBM impor masih cukup tinggi. Jumlah impor BBM yang harus dilakukan Indonesia tiap hari mencapai 400.000 barel.

"Indonesia masih ketergantungan impor BBM 400.000 barel per hari," kata Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo di acara Indonesia Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Conex 2013 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8/2013).


Dikatakan Susilo, ketergantungan impor BBM ini harus dikurangi, salah satunya dengan jalan memperbanyak energi baru terbarukan. "Salah satunya dengan mendorong produksi biodisel, sehingga dapat mengurangi impor BBM," katanya.


Susilo menambahkan, Indonesia bisa memproduksi biodiesel sebanyak 100.000 barel per hari yang berasal dari 3-4 ton minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO).


Produksi CPO Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Tentunya pasokan bahan dasar biodiesel bukan menjadi masalah.


"Saya punya bermimpi nantinya juga dari biodiesel ini, penyediaan listrik atau produksi liistrik bisa khususnya dari pembangkit listrik diesel semuanya menggunakan biodiesel," ujar Susilo.


(rrd/dnl)