Ini Nasihat Iwan Sunito, Sang Bos Properti di Australia Berdarah Indonesia

Jakarta - Pengusaha properti ternama di Australia kelahiran Indonesia, Iwan Sunito, memang tak lagi tinggal di Indonesia sejak 28 tahun silam namun Iwan sering bolak-balik ke Indonesia.

Iwan yang belakangan ini gencar menjual produk apartemen mewahnya di beberapa kota besar di Indonesia, mencoba memberi saran untuk kemajuan Indonesia dan para pemuda Indonesia.


"Saya pikir Indonesia harus fokus, just do one thing and do it really well," ujarnya di sela-sela acara Kongres Diaspora Indonesia II di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2013)


Menurutnya seseorang harus konsentrasi pada satu bidang pekerjaan. Menurutnya pemuda Indonesia haruslah menjadi ahli di bidangnya masing-masing.


"Yang saya rindukan adalah memajukan bangsa Indonesia. Bahwa saya percaya generasi selanjutnya harus bisa lebih baik," ujarnya.


Iwan melihat Indonesia sebagai pasar potensial bagi pengembangan bisnis sektor real estate. Ini merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis Indonesia.


"Indonesia menjadi penjualan terbesar di Crown Group. Dengan booming Indonesia, maka itu artinya booming investasi di luar. Karena Singapura ada pengenaan pajak tinggi, sementara Hong Kong pajaknya tinggi," terangnya.


(dnu/hen)