Kemenpera Gelar Pameran Rumah Murah di 10 Kota

Banjarmasin - Dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, Kementerian Perumahan rakyat menyelenggarakan pameran rumah murah di 10 besar di Indonesia. Pameran ini digelar mulai tanggal 18 Agustus hingga 7 September 2012.

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz pada hari pertama menyempatkan diri mengunjungi 2 lokasi pameran rumah murah yang bertajuk BLU PPP Expo ini. Kota pertama yang dikunjungi ialah Banjarmasin, kemudian dilanjutkan ke Bogor.


"Pameran ini dalam rangka menayambut kemerdekaan rim di mana kita menganggap ini sesuatu yang bersifat khusus. Dengan meomentum ini memberikan perhatian yang lebih kepada rakyat," kata Djan kepada detikFinance dikutip Senin (19/8/2013).


Dia menambahkan, ini pun merupakan bentuk kerja pemerintah untuk pemenuhan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Pasalnya, rumah-rumah yang dijual tak lebih dari Rp 95 juta/unit untuk rata-rata tipe 36/72.


"Jadi pemenuhan sandang, pangan, papan, betul-betul diperhatikan pemerintah," katanya.


Sementara itu, salah satu panitia pameran di Bogor, Yusuf menjelaskan, rata-rata peserta pameran berjumlah 52 booth/stand dan berasal dari asosiasi pengembang seperti Apersi, dan Real Estate Indonesia.


"Jumlah 52 stand itu termasuk dari Kemenpera," katanya.


Pameran ini dilaksanakan rata-rata selama 5 hari di setiap kota. Beberapa kota menyelenggarakannya secara bersamaan, juga ada yang hanya menyelenggarakannya selama 4 hari karena keterbatasan lokasi.


Kota-kota yang menyelenggarakan pameran rumah murah tersebut antara lain: Bogor, Tangerang, Bandung, Malang, Semarang, Medan, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, dan Makassar.


(zul/ang)