Perundingan Agung Sedayu dengan Pabrik Komponen iPad Taiwan Belum Tuntas

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengharapkan perusahaan komponen elektronika asal Taiwan, Foxconn Technology Group segera merealisasikan rencana investasinya. Saat ini, rencana tersebut masih terganjal perundingan substansi antara Foxconn dengan mitra lokal yaitu Agung Sedayu Group.

Hidayat mengatakan, perundingan antara Foxconn dengan Agung Sedayu Group belum 100% rampung. Masih ada beberapa hal substansial yang belum menemui kesepakatan.


"Saya dapat copy email dari Gita (Mendag), perundingannya belum 100% mereka satisfied (puas). Tapi justru mereka yang ingin mempercepat. Saya minta Agustus-September selesai," kata Hidayat saat ditemui selepas acara Groundbreaking Pabrik Pelumas Shell di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2013).


Hidayat menjelaskan, pihak Foxconn sendiri ingin segera mempercepat realisasi investasinya. Nantinya, Foxconn akan menggandeng mitra lokal Agung Sedayu Group bersama Erajaya untuk mengembangkan usahanya.


"Jadi rencana distribusi nanti Erajaya yang berperan, manufacturingnya nanti Foxconn yang berperan," papar Hidayat.


Seperti diketahui, Foxconn Technology Group adalah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan yang memproduksi komponen-komponen elektronik untuk beberapa merek terkenal.


Foxconn Technology Group (Foxconn) tertarik untuk membangun pabrik di Indonesia. Foxconn adalah perusahaan manufaktur mitra Apple, salah satu produksinya adalah iPad.


(zul/hen)