Shell Buka Pabrik Pelumas Senilai Rp 1,5 Triliun di Marunda

Jakarta - Perusahaan minyak asal Belanda, Shell, akan membangun pabrik minyak pelumas di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Pabrik senilai Rp 1,5 triliun ini berkapasitas 120 ribu ton per tahun.

Groundbreaking atau pemancangan tiang pertama secara resmi hari ini dilakukan di Hotel Mandarin, dihadiri oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat, Shell Global Commercial Executive Vice President Mark Gainsborough, Presdir Shell Indonesia Darwin Silalahi, juga Dirjen Basis Industri Manufaktur Kemenperin Benny Wahyudi.


Pabrik ini akan berlokasi di Marunda, Jakut, dibangun di atas tanah seluas 75.000 hektar, atau setara dengan 10 kali luas lapangan sepakbola, dan akan memasok pelumas untuk pasar konsumer, transportasi, industrial, dan juga kelautan di Indonesia.


Pabrik yang memiliki kapasitas produksi 120 ribu ton ini akan memproduksi merek pelumas seperti Shell Helix, Shell Advance, Rimulla, Tellus, dan lain-lain. Pabrik pelumas di Marunda ini pun akan menjadi pabrik pelumas terbesar di Indonesia yang dioperasikan perusahaan internasional.


"Ini merupakan toenggak baru yang menunjukkan komitmen kami terhadap Indoneisa, bekerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja," kata Presdir Shell Indonesia, darwin Silalahi, di Hotel Mandarin, Selasa (20/8/2013).


Sementara itu, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan, total investasi yang digelontorkan pihak Shell untuk membangun pabrik ini diperkirakan mencapai US$ 150-200 juta, dan akan selesai pada tahun 2015 nanti.


"Selesai 2 tahun, semoga cepat terealisasi," kata Hidayat.


(zul/ang)