SBY Sebut Duo Pengusaha Nisin dan Iwan Sunito di Australia Sumber Inspirasi

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) banyak menyebut orang-orang Indonesia sukses di perantauan di berbagai belahan dunia. Diantaranya pengusaha bersaudara asal Kalimantan yang sukses di Australia, Iwan dan Nisin Sunito.

"Ada juga cerita 2 kakak beradik dari Kalimantan, Iwan dan Nisin Sunito, yang satu menjadi raja property di Sydney, dan satunya lagi raja peternakan di Perth," kata SBY dalam acara kongres diaspora di JCC, Jakarta, Senin (19/8/2013)


Menurut SBY, selain dua bersaudara tersebut masih banyak diaspora yang memberikan inspirasi bagi masyarakat Indonesia. "Diaspora Indonesia penuh dengan sosok-sosok yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita," kata SBY di depan para undangan.


Ia menuturkan profil para diaspora Indonesia sebagai suatu komunitas global yang besar, yang terdiri dari ratusan komunitas yang tersebar di berbagai kota, negara dan benua, yang jumlah bisa mencapai penduduk Jakarta.


"Profil diaspora Indonesia yang walaupun sangat beranekaragam namun umumnya mempunyai ikatan batin dengan Indonesia," katanya.


Pengusaha Nisin Sunito sang pemilik peternakan 'raksasa' di Darwin, Australia memiliki adik bernama Iwan Sunito. Iwan merupakan pengusaha properti sukses di Sydney, ia merupakan CEO Crown International Holdings Group yang kini gencar memasarkan apartemen mewah Sydney di Indonesia.


Sementara itu Nisin merupakan pemilik dari Oceanic Multitrading Pty Limited perusahaan yang bergerak di bisnis peternakan, impor kertas, limbah kertas, dan bisnis properti.


Kakak adik ini kini menjadi pengusaha yang sangat diperhitungkan di Negeri Kangguru. Nisin salah satu pengusaha yang memiliki peternakan terbesar, sementara adiknya menjadi pemain properti terbesar kedua di Australia.


(hen/dnl)