6 Perusahaan Ini Pasok Gas ke Pertamina Untuk BBG Transportasi

Jakarta - Siang ini, PT Pertamina (Persero) bersama 6 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) migas menandatangani perjanjian jual beli gas (PJBG) berkapasitas 30,5 mmscfd untuk bahan bakar transportasi, guna mendukung program konversi BBM ke BBG.

Adapun 6 KKKS yang akan memasok gas untuk BBG ke Pertamina adalah PT Pertamina EP, PT Pertamina Hulu Energi ONWJ, PT Pertamina Hulu Energi WMO, PT Medco E&P, dan SANTOS (Madura Offshore) PTY LTD, dan JOB Pertamina Talisman-Jambi Merang. Gas ini akan disalurkan Pertamina menjadi BBG dengan merek 'Envogas'.


Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, sesuai Peraturan Presiden No.64 tahun 2012, Pertamina ditugaskan menjadi penyedia dan pendistribusi BBG jenis CNG. Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Menteri ESDM Jero Wacik dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).


"Dengan kebutuhan BBG yang akan meningkat seiring dengan pelaksanaan program konversi dan pembagian converter kit oleh Pemerintah, alokasi gas tersebut diharapkan cukup untuk memenuhi kebutuhan BBG untuk transportasi di wilayah yang ditargetkan yaitu Jabodetabek, Jawa Timur, dan Palembang. Untuk menjamin kontinuitas operasional SPBG, kepastian suplai gas merupakan faktor yang utama. Oleh karena itu, sangat diharapkan adanya alokasi-alokasi gas baru untuk sektor transportasi dalam jangka panjang," kata Karen dalam penandatanganan perjanjian di SPBU Daan Mogot, Jakarta, Kamis (5/9/2013).


Peningkatan infrastruktur BBG juga terus dilakukan. Hingga akhir tahun ini akan terbangun sebanyak 10 SPBG baru yang terdiri dari 2 SPBG didanai oleh Pertamina dan 2 mother station, 2 SPBG online, 4 Mobile Refueling Unit dan pengembangan jaringan pipa di Jabodetabek sepanjang 22,2 km yang didanai pemerintah melalui APBN 2013.


(dnl/dru)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!