Renovasi Total Bandara Ngurah Rai Rampung Mei 2014

Denpasar - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meresmikan renovasi bangunan baru Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 12 September 2013. Namun sejatinya total renovasi hingga perbaikan bangunan lama yang kini masih digunakan, rencananya tuntas seluruhnya pada Mei 2014.

"Tanggal 12 September nanti presiden akan meresmikan bandara ini," ujar Direktur Angkasa Pura, Tommy Soetomo saat media gathering Bandara I Gusti Ngurah Rai, di Hotel Patra Rajasa, Jumat (6/9/2013).


Menurutnya sejauh ini proses pembangunan bangunan baru Bandara Ngurah Rai telah berjalan 95%. Sehingga pada tahap tersebut operasional bandara sudah dapat digunakan di bangunan baru Bandara Ngurah Rai.


"Ini juga sudah bisa digunakan, Tinggal fitting aja," tuturnya.


Sementara General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Purwanto mengatakan proses pembangunan bandara dilakukan secara bertahap. Saat ini untuk terminal kedatangan international digunakan untuk penerbangan domestik.


"Pada 10 September terminal kedatangan international dengan domestik akan digabung, seperti tadi kita lihat terminal tersebut sangat luas," tuturnya.


Kesempatan itu akan digunakan oleh Angkasa Pura I untuk membangun jembatan sementara yang menghubungkan Bandara lama dengan terminal international baru. Hal itu dilakukan dapat mengejar ketinggalan proses renovasi yang tengah berlangsung.


"Tanggal 15-20 Sepetember terminal keberangkatan international akan dipindahkan ke lantai 3, untuk boarding check akan dilakukan di lantai, nantinya akan ada jembatan sementara yang menghubungkan ke terminal lama," tuturnya.


Menurutnya operasional seperti itu akan dipertahankan sampai dengan akhir Oktober 2013. Jeda waktu dari bulan Oktober sampai dengan April 2014 akan digunakan untuk merenovasi bangunan lama Bandara I Gusti Ngurah Rai.


"Baru selesai setelah renovasi semua operasional penerbangan akan dikembalikan semua, Saat itu dapat dikatakan telah selesai 100% pada Mei 2014," katanya.


(edo/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!