Agus Marto Yakin RI Bisa Lewati Guncangan Ekonomi dengan Baik

Jakarta - Kondisi Perekonomian Indonesia saat ini dinilai kuat, dan tak bisa disamakan dengan kondisi saat krisis ekonomi 1997/1998. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo yakin Indonesia bisa lewati guncangan ekonomi yang terjadi saat ini.

"Saya tidak setuju kalau kondisi ekonomi kita saat ini disamakan dengan kondisi ekonomi Indonesia pada 1997-1998," ucap Agus Marto ditemui di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (6/9/2013).


"Pada 1998 kondisi perbankan saat itu manajemennya banyak yang moral hazard, kualitas nasabahnya tidak sebaik sekarang. Kalau sekarang banknya sehat-sehat, permodalannya sehat, rasio keuntungannya juga baik," ungkap Agus Marto.


Belum lagi, ujar Agus Marto, pada saat krisis menimpa di 1997/1998, tidak diketahui saat itu berapa jumlah utang pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, dan perusahaan swasta.


"Dulu kalau utang pemerintah dan Pemda maupun utang BUMN hampir tidak bisa diketahui berapa jumlahnya, saat ini kita tahu berapa jumlahnya, dan laporan keuangannya pun diaudit oleh BPK dan diberi opini sangat baik. Saya yakin Indonesia mampu melewat kondisi ini dengan baik," ucap Agus Marto.


(rrd/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!