Megawati: Dolar Tembus Rp 12.000, Apa yang Kita Perbuat?

Jakarta - Mantan Presiden RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri cemas dengan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Saat ini dolar sudah semakin dekati Rp 12.000 per dolar AS.

"Yang jadi kecemasan saya, apakah yang akan terjadi, ini problematik realistis. Apakah bila rupiah merosot Rp 12.000/dolar bahkan bisa jauh di atasnya, saya tidak mengharapkan. Kalau itu terjadi apa yang kita perbuat?," katanya dalam pidato di Rakernas III PDIP di Eco Park Ancol, Jakarta, Jumat (6/9/2013).


Ia berharap Indonesia bisa segera keluar dari krisis dengan langkah-langkah antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah.


"Saya tidak bisa menyembunyikan kecemasan saya, banyak orang tanya kepada saya apa solusinya. Saya menjawab. Bapak/Ibu datang ke saya, padahal saya bukan seorang Presiden tapi ketua umum partai, jangkauan saya hanya di lingkup partai saya," ujarnya.


"Kalau faktor global, rencana penyerangan barat ke Suriah benar-benar terjadi, maka pengalaman dari perang akan membawa akibat-akibat kemanusiaan dan ekonomi yang luas," katanya.


Jika itu terjadi, kata Megawati, krisis yang dihadapai tidak hanya ekonomi tapi juga di sosial. Oleh karena itu ia meminta pemerintah bergerak cepat mencari solusinya supaya Indonesia bisa keluar dari jeratan krisis.


(ang/dru)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!