Konferensi Dimulai, Presiden SBY Duduk di Samping Obama

Saint Petersburg - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 resmi dimulai. Setelah penyambutan secara resmi oleh Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin terhadap para kepala pemerintahan/negara, rapat perdana KTT G-20 dimulai. Presiden SBY diapit oleh Presiden AS Barack Obama.

KTT G-20 digelar di Istana Konstantin (Constantine Palace) yang berada kota Strelna yang merupakan sebuah pulau yang terletak agak jauh dari pusat kota Saint Petersburg, Rusia. Untuk menuju ke pulau ini, para kepala negara/pemerintahan harus naik boat selama sekitar 20 menit.


Para pimpinan KTT G-20 beserta pimpinan negara-negara yang diundang diterima secara resmi oleh Putin di depan Istana Konstantin yang sangat indah dan asri. Satu per satu pimpinan negara dibawa menggunakan mobil khusus bermerek Mercedes dan BMW.


Setelah diterima satu persatu oleh Putin, para kepala negara/pemerintahan menuju hall ruang rapat. Rapat dimulai pukul 17.30 waktu setempat, Kamis (5/9/2013) dengan dipimpin oleh Putin. Presiden SBY duduk diapit Obama dan Menlu Australia Bob Carr yang mewakili PM Australia Kevin Rudd. Hingga pukul 18.00 waktu setempat, rapat tingkat tinggi ini masih berlangsung.


Para pimpinan KTT G-20 akan membahas banyak hal terkait masalah-masalah ekonomi dunia, seperti mengenai pertumbuhan ekonomi global, stabilitas keuangan, regulasi dan stimulus, penyediaan lapangan kerja, kasus-kasus moneter, dan keamanan pangan dan energi. KTT G-20 juga akan membahas mengenai konflik Suriah terkait serangan senjata kimia.


G-20 beranggotakan Rusia, Australia, Indonesia, Amerika Serikat, Meksiko, Korea Selatan, China, Kanada, Italia, India, Uni Eropa, Jerman, Inggris, Brasil, Argentina, Jepang, Afrika Selatan, Prancis, Turki, dan Arab Saudi. Beberapa negara seperti Kazakhstan, Brunei, dan Singapura diundang di KTT ini.


Briefing Delegasi


Presiden SBY dan rombongan tiba di Saint Petersburg sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Setelah mendarat di Bandara Pulkovo, Presiden SBY dan rombongan langsung menuju Hotel Emerald. Tidak berapa lama kemudian SBY menggelar briefing untuk mendapatkan perkembangan informasi tentang KTT G-20.


Hadir dalam briefing ini, para menteri seperti Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkeu Chatib Basri, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Mendikbud M. Nuh, Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung, Ketua Umum Kadin Suryo B. Sulistio, Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar, perwakilan anggota DPR, dan Dubes RI untuk Moskow Djauhari Oratmangun.


Dalam briefing itu, Menkeu, Menlu, Mendag, dan Wamenkeu menyampaikan perkembangan materi-materi pertemuan G-20. Briefing berlangsung sekitar 1 jam. Setelah memimpin briefing, tak lama kemudian Presiden SBY menuju Istana Konstantin, tempat berlangsungnya KTT G-20.


(asy/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!