Anggota DPR Sebut Bandara Soetta Akan Mirip di Eropa Karena Dilengkapi Monorel

Jakarta - Bandara International Soekarno Hatta (Soetta) bakal dilengkapi dengan fasilitas moda transportasi massal modern. Moda tersebut antara lain KRL Commuter Line dan monorel (Automatic People Mover System) yang menghubungkan antar terminal.

Ketua Komisi V DPR RI Laurens Bahang Dama menilai konsep moda transportasi ini nantinya akan menyamakan kualitas dan tampilan Bandara Soetta dengan bandara-bandara internasional kelas dunia seperti di negara-negara Eropa.


"Ini Kayak di negara-negara Eropa dan Hong Kong. Ini paling nggak menyamakan dengan negara maju. Negara kita kan pertumbuhannya luar biasa," ucap Laurens usai rapat kerja dengan Kemenhub di DPR Senayan Jakarta, Kamis (5/9/2013).


Disebutkan Laurens, Bandara Soetta merupakan salah satu pintu masuk utama dari luar negeri ke Indonesia. Dengan fasilitas modern seperti kereta dan monorel, akan menunjukkan wajah Indonesia yang modern. Disamping juga, fasilitas transportasi massal akan mengurai kemacetan dari atau menuju bandara.


"Itu kan pintu gerbang Indonesia. Orang-orang internasional kan datang disitu kalau semrawut nanti asing melihat. Begini Indonesia. Semua harus terpadu pelayanan di bandara," sebutnya.


(feb/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!