Sekjen ESDM Berharta Rp 41 M Cuti, Jero Tunjuk Pengganti Sementara

Jakarta - Sampai saat ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Waryono Karno masih cuti, dan tak jelas kapan masuknya. Menteri ESDM Jero Wacik menunjuk pelaksana harian (Plh) Sekjen ESDM.

"Sekjen cuti nanti sampai beberapa hari. Sekarang ada Plh-nya, Pak Teguh Pamudji, dia Kepala Badiklat Kementerian ESDM. Dia eselon I," kata Jero di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2013).


Jero belum tahu sampai kapan Waryono cuti. Namun, Jero menegaskan, Waryono sebagai PNS tidak boleh cuti terlalu lama karena sudah ada aturannya.


Terkait pernyataan Wamen ESDM Susilo Siswoutomo yang menyatakan Waryono akan pensiun November 2013, atau lebih cepat dari jadwalnya di Januari 2014, Jero mengatakan itu tidak benar.


"Nggak ada, Wamen nggak ada kewenangan begitu," cetus Jero.


Waryono tengah jadi sorotan saat ini terkait temuan uang US$ 200 ribu di ruangannya oleh KPK. Berdasarkan laporan kekayaan di situs KPK, harta yang dimiliki Waryono per 16 Juni 2011 mencapai Rp 41,9 miliar. Itu belum termasuk jumlah dolarnya yang mencapai US$ 22.482.


Waryono tercatat memiliki lebih dari 200 lahan dengan luas ukuran yang berbeda-beda di sejumlah daerah. Mulai dari Tegal, Brebes, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Namun, mayoritas ada di kawasan Tangerang Selatan.


Bila ditotal, harta tanah Waryono mencapai Rp 37,7 miliar. Peningkatan hampir 100% dibanding tahun 2008 saat pertama kali mengisi laporan harta kekayaan.


(dnl/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!