Ini 2 Hal yang Bisa Bikin Ekonomi Dunia Guncang

Jakarta - Saat ini perekonomian dunia termasuk di Indonesia mengalami guncangan, salah satunya terlihat dari melemahnya nilai tukar sejumlah mata uang terhadap dolar. Ada dua hal yang membuat guncangan ekonomi dunia saat ini, apa saja?

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, dua hal yang membuat ekonomi dunia guncang ini tidak bisa dilawan oleh Indonesia.


"Jadi kalau negara-negara lain di kawasan ini, dengan adanya rencana Amerika Serikat untuk mengagresi Suriah dan atau ada rencana Amerika untuk mengurangi stimulus moneter, itu pasti bisa berdampak, dan kita tidak bisa melawan itu," ungkap Agus Marto di kantor pusat PLN, Jakarta, Jumat (6/9/2013).


Dua hal tadi memang tengah menjadi perhatian dalam pertemuan para pemimpin negara G-20 di Saint Petersburg, Rusia saat ini. Wacana bank sentral AS yaitu The Fed untuk mengurangi stimulusnya, telah membuat banyak mata uang anjlok. Belum lagi rencana agresi AS ke Suriah yang dikhawatirkan banyak pihak bakal membuat harga minyak dunia melonjak.


Meski begitu, Agus Marto mengatakan, BI akan selalu terus fokus menjaga nilai tukar rupiah stabil. "Saat ini Bank Indonesia akan terus fokus menjaga selalu nilai tukar rupiah, yang mana sebagai cerminan kondisi fundamental kita (Indonesia). Di mana nilai tukar ini akan memperbaiki transaksi berjalan kita," ucap Agus Marto.


Agus Marto menegaskan, BI akan terus mengawasi pasar uang. Walau tidak mematok berapa kurs wajar rupiah terhadap dolar AS, namun BI akan menjaga nilai rupiah lebih stabil dan tidak bergejolak.


"Tapi yang ingin saya sampaikan, Indonesia ada di pasar, dan BI akan menjaga volatilitas rupiah, walau BI tidak menargetkan rupiah berada dilevel berapa, tetapi BI ingin menjaga agar volatilitas rupiah ini bisa stabil," kata Agus Marto.


(rrd/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!